10.24.2011

Manfaat Lengkuas

    Digunakan untuk pe­nyembuhan penyakit ku­lit panu, eksem, ko­reng, ma­suk angin, perut tidak enak, kurang nafsu ma­kan, gangguan perna­fas­an (bron­chial catarrh) pada anak-anak, juga untuk stimu­lan­sia aromatikum.Sebagai obat dalam rimpang lengkuas digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan, meredakan kolik atau mules (meredakan ak­ti­vi­tas peristaltik usus). Sebagai penawar keracunan makanan dan anti ke­jang. Juga untuk obat kanker pada lambung.Parutan rimpang segar digunakan untuk menanggulangi gangguan limpa dan herpes. Uap yang diperoleh dari hasil peng­em­bunan kukusan tunas batang digunakan untuk mengobati sakit te­linga.Bubur bayi sering diberi bumbu rimpang
lengkuas ini, disamping supaya sedap, juga dimaksudkan untuk mencegah kembung pada bayi. Untuk obat luar, rimpang ini digunakan sebagai obat gosok (dima­serasi dengan anggur), obat kulit melepuh, sebagai anti jamur (obat panu dan penyakit kulit lainnya).Daunnya di-infus atau dekok digunakan sebagai stimulansia, dan campuran air mandi untuk pembersih badan setelah melahirkan dan meredakan rasa sakit pada rematik (dikenal dengan istilah “mandi hangat”). Bijinya juga berbau aromatis, digunakan untuk meredakan kolik / mules perut, diare dan anti mual. Rimpangnya sendiri merupakan bahan bumbu dapur yang penting da­lam resep-resep masakan Indonesia, untuk bumbu dendeng, kuah sa­te dan lain sebagainya. Sedangkan ampas rimpang laos setelah diam­bil pa­tinya, dicampur dengan parutan kelapa, ditambah “tempe bosok”, ga­ram, bawang putih dan kencur digunakan sebagai bahan ma­kanan lain yang disebut gembrot (Jawa), biasa dimakan bersama cabe merah se­telah terlebih dahulu dipanggang dalam bungkus daun pisang.


Efek Biologik
Spasmolitik, antiradang (menghambat sintesis prostaglandin), an­tibakteri. Acetoxychavicol acetate dapat mempunyai aktivitas anti­tu­mor.

Dosis
Untuk obat panu, 1 jari rimpang segar disayat miring/serong, lalu diu­las­kan pada panu (tidak perlu digosok, sekedar airnya membasahi panu sudah cukup).

Persyaratan Mutu
Sebagai bahan obat, yang digunakan adalah lengkuas dalam ben­tuk simplisia (disebut Galangae Rhizome), yaitu bentuk rajangan rim­pang lengkuas yang telah dikeringkan di bawah sinar matahari tak lang­sung, sehingga kadar minyak atsiri yang dikandungnya tidak ku­rang dari 0,5% v/b

.
Kadar abu                                : Tidak lebih dari 3,9%
Bahan organik asing                  : Tidak lebih dari 2,0%
 Budidaya lengkuas

Tanaman dapat diperbanyak dengan rimpang atau biji, namun umumnya lebih mudah diperbanyak dengan menggunakan rimpang. Rimpang yang baik untuk bibit adalah bagian ujungnya.Pengolahan tanah dilakukan dengan menggemburkan tanah dan di­buat guludan-guludan. Pupuk yang digunakan meliputi pupuk kan­dang, kompos, dan pupuk buatan. Juga diperlukan bahan-bahan kimia untuk pemberantasan gulma. Panen dilakukan pada saat tanaman berumur 2½ – 3 bulan, dan ja­ngan lebih tua dari umur tersebut, karena rimpang akan mengandung serat kasar yang tidak disukai di pasaran.





sumber:     

http://skepat-lombok.blogspot.com/2011/09/manfaat-tanaman-laoslengkuas.html

1 komentar:

  • Langsing Sehat says:
    1 Januari 2012 pukul 20.46

    bacaan bagus nih
    gak rugi udah mampir buat baca

Posting Komentar

thanks for your comment,i hope that it can be a motivation for me,,,,,