2.14.2013

Manfaat Kayu Eboni

Kayu Hitam namanya di Indonesia, dan juga disebut dengan nama kayu Eboni. Pohon kayu ini tingginya mencapai 40 m dengan diameter 150 mm.  Batangnya berbentuk tugu, daun lanseolata, rindang dan cabang-cabang menunduk ke bawah. Kayu bagian luar putih dan kasar. sedangkan terasnya tebal berwarna hitam atau coklat kehitaman.
Tempat tumbuh secara alami adalah  tanah bukit rendah yang berbatu atau sepanjang pesisir pantai ke arah pedalaman sampai 10 km. Makin berbatu habitatnya, semakin hitam kayu eboni ini.  Daerah penyebaran kayu ini adalah Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.  Kayunya termasuk kelas awet 1 dan kelas kuat 1.  Kayu terasnya berwarna hitam dengan garis-garis berwarna coklat kemerah-merahan.
MANFAAT:

Kayu eboni banyak dipakai untuk mebel mewah, perpatungan, ukiran, kipas, alat-alat dekoratif mewah.  Kayu eboni termasuk jenis kayu yang paling mahal, namun juga paling awet. Kayu ini makin lama makin hitam.  Kualitas tertinggi adalah kayu yang bergaris teratur.  Pengawetan kayu dilakukan pada kayu yang sudah 50 tahun terbenam dalam tanah, namun tidak sedikitpun mengalami kerusakan.


1 komentar:

  • Unknown says:
    1 Maret 2013 pukul 20.59

    wow fantastic, kunjungi blog saya, http://ayamidiot.blogspot.com

Posting Komentar

thanks for your comment,i hope that it can be a motivation for me,,,,,