10.24.2011

Manfaat kangkung

 Asal-Usul Kangkung
Kangkung termasuk sayur yang sangat populer. Biasa dibuat tumis, cah, atau lalap. Kangkung ternyata juga berkhasiat sebagai antiracun dan bisa mengobati berbagai gangguan kesehatan. Tanaman kangkung berasal dari India, yang kemudian menyebar ke Malaysia, Birma, Indonesia, Cina Selatan, Australia, dan Afrika. Di Cina, sayuran ini dikenal sebagai weng cai. Di negara Eropa, kangkung biasa disebut swamp cabbage, water convovulus, atau water spinach.


Kangkung memang berfungsi sebagai penenang (sedatif) dan mampu membawa zat berkhasiat ke saluran pencernaan. Itulah sebabnya, tanaman ini mempunyai kemampuan menetralkan racun di
tubuh.


Macam-macam kangkung
Kangkung ada dua jenis yaitu kangkung air dan kangkung darat.

ciri2 Kangkung air:
1. daunnya tidak begitu panjang.
2. daunnya tak begitu keras malah ada yang sangat lemes (kata orang kebumen)

kangkung yang lemes inilah yang dicari oleh setiap orang. adapaun mengetahui kangkung yang enak untuk di sayaur yaitu gagangnya amoh atau orang kebumen menyebutnya kangkung lemes. batangnya putih. Tidak ditanam disungai, konon kangkung yang ditanam disungai jika disayaur terasa amis. kangkungnya masih muda. kangkung seperti inilah yang dicari orang kebumen.

ciri2 kangkung darat:
1. daun putih
2. batang putih dan keras

Vitamin Kangkung
Kangkung memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Selain mengandung vitamin A, B1, dan C, kangkung juga mengandung protein, kalsium, fosfor, besi, karoten, dan sitosterol.

Bagian tanaman kangkung yang paling penting adalah batang muda dan pucuknya sebagai bahan sayur-mayur. Menurut Dr. Setiawan, kangkung mempunyai rasa manis, tawar, sejuk. Sifat tanaman ini masuk ke dalam meridian usus dan lambung. Efek farmakologis tanaman ini sebagai antiracun (antitoksik), antiradang, peluruh kencing (diuretik), menghentikan perdarahan (hemostatik), sedatif (obat tidur). Kangkung juga bersifat menyejukkan dan menenangkan.

Manfaat Kangkung
1. Mengurangi haid

2. Mimisan

3. Sakit kepala

4. Ambeien

5. Insomnia

6. Sakit gigi

7. Melancarkan air seni

8. Ketombe

9. Sembelit, mual bagi ibu hamil

10. Gusi bengkak

11. Kapalan

12. Kulit gatal karena eksim

13. Digigit lipan

1 komentar:

  • Langsing Sehat says:
    22 Desember 2011 pukul 18.59

    ini makanan kesukaan saya,
    dibuat apa aj apasti rasanya enak dahh.,.

Posting Komentar

thanks for your comment,i hope that it can be a motivation for me,,,,,