11.30.2011

Manfaat daun pandan

Ada beberapa jenis pandan, namun yang dimaksud pandan di sini adalah pandan wangi yang kerap digunakan untuk pengharum masakan di dapur. Tentu tahu bukan!
Kandungan kimia daun pandan adalah alkaloid, saponin, flavoida, tanindan polifenol. ini membuat daun pandan mampu untuk mengatasi beberapa masalah berikut:
1. Panu
Tumbuk segenggam daun pandan. Ambil airnya dan campur dengan sedikit garam. Minum sehari sekali dan lakukan tiga hari berturut-turut.

2. Darah tinggi
Ambil daun pandan secukupnya, rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Minum 1/2 gelas di pagi hari dan 1/2 gelasnya di sore hari. Perlahan-lahan tekanan darah akan normal.
3. Penambah nafsu makan
 Potong kecil-kecil 10 gram daun pandan wangi segar. Rebus dengan 3 gelas air selama 15 menit hingga tersisa 1 gelas. Minum dua kali sehari.
4. Lemah saraf
Cuci 3 lembar daun pandan, potong kecil-kecil, rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas, saring kemudian minum pagi dan sore (masing-masing 1 gelas).
5. Rematik dan pegal linu
Cuci 3 lembar daun pandan, iris tipis-tipis. Seduh dengan 1/2 cangkir minyak kelapa yang telah dipanaskan sambil diaduk hingga merata. Setelah dingin, gosokkan pada bagian yang sakit.
6. Menghilangkan ketombe
Tumbuk 10 lembar daun pandan sampai halus. Tambahkan 2 gelas air, saring dan usapkan pada rambut yang sebelumnya sudah dikeramas. Selanjutnya bilas dengan air bersih.
7. Gelisah
Cuci 2 lembar daun, iris tipis dan seduh dengan 1/2 gelas air panas. Setelah dingin, minum sekaligus. Lakukan 2 hingga 3 kali sehari hingga terasa tenang.
8. Rambut rontok
Buat jus daun pandan. Oleskan pada akar rambut di pagi hari 1-2 jam. Kemudian bilas.
Apakah Anda mempunyai keluhan di atas? Tak ada salahnya untuk mencoba bukan! Daun pandan wangi pun mudah kita dapatkan di pasar tradisional maupun supermarket!
Tidak ada salahnya juga untuk menjadikan daun pandan wangi sebagai pelengkap halaman kita. Namun saya sarankan, bila menanam pandan wangi saat musim hujan saja. Karena ketika musim kemarau, meski kita rajin menyiram kerap mati. Ini terkait struktur akarnya yang butuh kelembapan yang tinggi ketika awal penanaman. Namun jika sudah hidup, pandan wangi akan lebih tahan, apalagi kalau sudah beranak pinak!!!

0 komentar:

Poskan Komentar

thanks for your comment,i hope that it can be a motivation for me,,,,,