12.30.2011

Manfaat Cengkeh

Cengkeh merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang banyak ditemukan di Indonesia. Tanaman ini memiliki beragam manfaat, tidak hanya sebagai penyedap makanan, tetapi juga untuk mengobati berbagai macam penyakit. Untuk mengetahui lebih dekat apa saja manfaat yang dapat Anda petik dari tanaman tropis ini, berikut adalah penjelasannya, seperti dikutip Health.com:
 
1. Mengatasi infeksi pernapasan
Percaya atau tidak, teh yang mengandung cengkeh dapat membantu Anda mengatasi infeksi pernapasan. "Cengkeh bekerja sebagai ekspektoran, melonggarkan lendir di tenggorokan dan kerongkongan," ujar Neil Schachter, MD, seorang profesor dari Mount Sinai School of Medicine di New York City.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, Dr Schachter pun memberikan cara penyajiannya: campurkan 2 batang cengkeh, selembar kayu manis, dan 2 biji kapulaga, lalu dihancurkan. Setelah itu, tempatkan dalam sebuah cangkir, tambahkan air mendidih, dan biarkan selama 1-2 menit.

2. Pewangi pakaian alami

Siapa yang sangka ternyata cengkeh juga bisa dimanfaatkan sebagai aroma pewangi pada pakaian. Taruhlah beberapa batang cengkeh ke dalam lemari pakaian Anda. Aroma cengkeh yang pedas akan menutupi bau tak sedap dan menjaga barang-barang Anda tetap segar. Untuk menjaga agar aroma tetap terjaga, Anda bisa menggantinya setiap 2-4 minggu sekali.

3. Mengatasi noda jerawat

Cornelia Zicu, seorang staf dari Elizabeth Arden Red Door Spas, mengatakan, cengkeh dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan noda bekas jerawat berkat kadungan senyawa euganol (antiseptik alami yang menyeimbangkan kulit), serta mencegah timbulnya jerawat.

Cara penggunaannya: campurkan 1 sendok teh cengkeh tanah, 1 sendok teh madu, dan 3 tetes jus lemon segar dalam mangkuk kecil. Setelah itu, oleskan ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air dingin untuk mendapatkan hasil terbaik.

4. Pembersih yang ramah lingkungan

Untuk membersihkan dinding kamar mandi tak selalu harus menggunakan sabun atau bahan kimia lainnya. Sekarang Anda bisa menggunakan cengkeh sebagai gantinya. "Cengkeh bekerja sebagai antiseptik alami. Minyak cengkeh dapat mengurangi jamur atau bakteri yang ada pada perabotan rumah tangga dan mencegah kuman datang kembali," kata Sara Snow, seorang ahli eco-cleaner dan penulis buku.

Cara penggunaannya: tambahkan sejumput minyak cengkeh (sekitar 1/2 sendok teh) untuk 2 cangkir air dan tuangkan ke dalam sebuah botol semprot yang kosong. Lalu semprotkan pada tempat-tempat yang rentan terpapar kuman atau bakteri, seperti dinding kamar mandi.

0 komentar:

Poskan Komentar

thanks for your comment,i hope that it can be a motivation for me,,,,,